Assalamu'alaikum Wr.Wb. "Ahlan Wa Sahlan di Blog KMMTP UGM" Blog ini dibuat dan diurus oleh "Departemen Media Opini KMMTP UGM" sebagai media untuk berkumpul dan bertukar pikiran bagi mahasiswa muslim di Fakultas Teknologi Pertanian,Universitas Gadjah Mada.


Selasa, 27 Juli 2010

PLASTIK


Sahabat, pasti tau yang namanya plastik kan? Tapi tau ndak, kalo sebenernya plastik yang biasanya kita pakai itu yang bahan dasarnya berasal dari salah satu komponen minyak bumi lho. Ada macem-macem sih jenisnya tapi pada intinya, plastik itu adalah produk polimerisasi sintetis atau semi-sintetis gitu. Leo Hendrik Baekeland, penemu plastik ini mungkin sangat takjub bahwa penemuannya satu abad yang lalu itu kini menjamur dimana-mana dan digunakan oleh setiap orang. Tapi mungkin beliau juga akan sangat sedih begitu tau kalo penemuannya itu menjadi sebagian besar dari sampah yang ada di seantero jagad muka bumi ini, sekaligus menjadi bahan yang mendominasi seluruh pencemar permukaan bumi ini, baik di dalam tanah maupun di luarnya. Tau ndak sahabat, plastik yang biasa kita pakai itu membutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk dapat terurai secara alami. Lama banget yaaa…

Tapi, kini ada penemuan baru lho. Namanya plastik biodegradable. Plastik ini dapat terurai dengan sendirinya oleh alam lho, dengan waktu yang sangat lebih cepat tentunya. Banyak produk yang telah dibuat dari plastik ini, dan yang paling banyak kita temui saat ini adalah plastik kresek. Banyak supermarket yang telah memakai plastik kresek biodegradable ini. Berbeda dengan plastik tradisional kita dulu, plastik ini dibuat dari material organik yang dapat diurai oleh bakteri. Saat ini pengembangan, penelitian, dan inovasi tentang plastik ini masih terus dilakukan. Di antara mereka yang meneliti dan memproduksi plastik itu ada yang memakai pati dari singkong sebagai bahan dasarnya. Ada juga yang membuat plastik ini dengan mengkombinasikan antar sari lidah buaya dengan bahan chitosan yang berasal dari limbah kulit udang. Bahkan dari limbah kulit udang pun bisa ya? Subhanallah, apa yang Allah ciptakan tidak ada yang sia-sia.

Sahabat, sekian dulu aja ya. O ya, saya ada tiga pesan terakhir buat sahabat semua. Yang pertama, jangan buang sampah sembarangan, terutama yang berasal dari plastik! Yang kedua selalu ingat untuk menjaga kebersihan lingkungan kita! (kog sama aja ya kayak yang pertama, hhe). Dan yang ketiga, semangad ya! (^_D n A_^)

Wallahu a’lam bishshawwab

0 komentar:

Posting Komentar

" Jadilah yang pertama berkomentar - Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami hargai "

BUKU TAMU
AL-QURAN ONLINE
  
KMMTP UGM © 2010. Design by Abdul Munir and Edited by Ali Ma'ruf